Jumat, 24 Mei 2013

Semut Mirip Bajak Laut Ditemukan di Filipina



Regensburg - Para ilmuwan menemukan spesies serangga baru bermotif aneh di Filipina. Serangga semut ini terlihat seperti bajak laut karena terdapat garis hitam di atas matanya yang membuatnya terlihat seperti mengenakan penutup mata.

Nama ilmiah dari hewan yang baru saja ditemukan ini adalahCardiocondyla pirata dan termasuk kelompok spesies yang ditemukan di Thailand hingga wilayah Indonesia-Malaysia. 

"Saat perjalanan ke Filipina, kami mencari spesies berbeda dari genus Cardiocondyla yang dikenal dengan keragaman morfologi dan perilaku menakjubkan dari semut jantan," kata Sabine Frohschammer, mahasiswa doktoral di Germany's Universit't Regensburg, pekan kedua Mei 2013 ini.

Frohschammer dan rekan-rekannya mengambil beberapa spesies yang sudah diketahui. Tetapi kemudian menemukan satu spesies yang unik dan belum pernah mereka identifikasi. "Karena kegelapan hutan hujan dan bagian tubuh tembus cahaya, mereka hampir tak terlihat," kata para peneliti. Mereka kemudian mencermatinya di bawah cahaya terang dengan bantuan kaca pembesar dan mendeteksi terdapat garis bagus di sekitar mata sehingga nampak seperti bajak laut.

Pita pigmen pada mata ini masih menjadi misteri. Bahkan garis ini tak terlihat pada makhluk lain dari jenisnya. Semut bajak laut melakukan kawin mawin di dalam gelap. Mereka memiliki penglihatan buruk dan mengandalkan isyarat kimia bukan visual untuk berkomunikasi dengan individu lain dalam koloni mereka. Para peneliti menduga, penutup mata ini bisa berfungsi sebagai semacam rambut seksual.

Penemu berspekulasi bahwa pola unik pada mata ini bisa membantu mengalihkan perhatian predator semut bajak laut. Garis bisecting ini mungkin berkesan bahwa hewan ini bukan serangga sama sekali, melainkan dua benda yang terpisah di tanah. Laporan detil dari studi ini telah diterbitkan dalam jurnal ZooKeys pada 17 Mei 2013 lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar